KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA

MINISTRY OF HEALTH REPUBLIC OF INDONESIA

  • Pengumuman Hasil Seleksi uji kompetensi JPT Madya 2015. Klik disini
  • Pengumuman Pendaftaran Calon Anggota Dewas dan Anggota Direksi BPJS. Klik disini

  • Hati-hati!! Penipuan melalui UNDANGAN PALSU mengatasnamakan DITJEN BINFAR dan ALKES. Undangan palsu
  • Capaian Kabinet Kerja dalam Infografis klik di sini
  • Hati-hati!! Penipuan mengatasnamakan Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI. Surat Penipuan

Tips Mencegah Keropos Tulang

Dipublikasikan Pada : THU, 26 NOV 2015, Dibaca : 10.753 Kali

Pengeroposan tulang kian marak dewasa ini. Tidak hanya terjadi pada kaum lanjut usia, bahkan pada banyak kasus penderita pengeroposan tulang adalah mereka di usia relative muda dan produktif. Ada banyak hal yang mendasari terjadinya fenomena ini, salah satunya adalah penerapan gaya hidup yang tidak sehat serta lemahnya pengawasan akan pola makan yang baik.

Jadi, jika Anda ingin mencegah keropos tulang di usia muda, ada baiknya Anda segera mengganti dan merubah pola hidup Anda yang kurang sehat menjadi lebih baik. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan dirumah, yang dapat secara efektif mencegah keropos tulang.

  • Mengkonsumsi Kalsium dan Vitamin D

    Kalsium sangat bagi untuk menjaga kesehatan dan keutuhan tulang. Faktanya, kalsium sangat mudah diperoleh seperti dari keju, susu kedelai, sayuran hijau, brokoli, dan juga susu rendah lemak. So, dengan mengkonsumsi bahan makanan tersebut dalam jumlah yang tepat, Anda tidak perlu lagi membeli produk susu kalsium yang harganya cukup mahal. Sebagai pengganti, Anda bisa mengalokasikan dana tersebut untuk membeli sayur dan bahan makanan di atas. Sedangkan Vitamin D sangat dibutuhkan tubuh untuk membantu penyerapan kalsium secara sempurna.

  • Lakukan Olahraga Yang Teratur Dan Rutin

    Dengan berolahraga secara teratur dan rutin akan memaksa otot serta tulang untuk selalu bergerak aktif. Hal tersebut penting untuk menunjang proses regenerasi sel tulang dan otot yang tentunya sangat efektif untuk mencegah keropos tulang. Tidak perlu olahraga berat, bahkan jalan kaki dan jogging ringan sudah cukup untuk menjaga kesehatan tulang kita. Jika Anda tidak memiliki waktu khusus untuk olahraga, Anda bisa menjaga otot dan tulang tetap aktif dengan mengendarai sepeda ke kantor, menggunakan tangga daripada lift, atau mungkin dengan mengambil jalur terjauh untuk mencapai tempat istirahat makan siang Anda.

  • Kurangi Jumlah Konsumsi Garam Harian

    Semakin banyak Anda mengonsumsi garam maka jumlah kalsium yang dikeluarkan melalui proses sekresi keringat dan urine pun juga akan semakin besar. Untuk itu, sangat disarankan untuk lebih memperhatikan porsi konsumsi garam Anda sehari-hari, jangan sampai kalsium yang Anda konsumsi banyak terbuang percuma nantinya.

  • Hindari Kafein Dan Hentikan Kebiasaan Merokok

    Bagi kebanyakan orang terutama kaum adam sangat suka menghabiskan pagi mereka dengan merokok dan menyeruput kopi. Faktanya, kedua hal tersebut dapat memicu pengeroposan tulang di usia dini. Kandungan kafein dalam tubuh menghasilkan senyawa berbahaya yang sangat korosif terhadap tulang. Sedangkan kebiasaan merokok dapat mengurangi kepadatan tulang sehingga tulang pun kehilangan massa dan kekuatannya, menjadikannya sangat rentan terhadap pengeroposan.

  • Hindari Minuman Beralkohol

    Ada banyak efek negative dari mengkonsumsi minuman beralkohol, salah satunya adalah dapat mengganggu proses pertumbuhan dan regenerasi tulang. Kandungan alcohol menghambat proses penyerapan kalsium pada tulang serta mengurangi jumlah hormone yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang. Hentikan kebiasaan tersebut jika Anda ingin mencegah keropos tulang sejak dini.