KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA

MINISTRY OF HEALTH REPUBLIC OF INDONESIA

  • Pengumuman Hasil Seleksi uji kompetensi JPT Madya 2015. Klik disini
  • Pengumuman Pendaftaran Calon Anggota Dewas dan Anggota Direksi BPJS. Klik disini

  • Hati-hati!! Penipuan melalui UNDANGAN PALSU mengatasnamakan DITJEN BINFAR dan ALKES. Undangan palsu
  • Capaian Kabinet Kerja dalam Infografis klik di sini
  • Hati-hati!! Penipuan mengatasnamakan Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI. Surat Penipuan

Unit Kerja dan Pejabat

Dipublikasikan Pada : WED, 13 JAN 2016, Dibaca : 29.736 Kali
  • MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA

    Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M (K)

    Lahir di Jakarta pada11 April 1949, Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M (K) diangkat menjadi Menteri Kesehatan RI Kabinet Kerja, 2014-sekarang. Sebelumnya beliau merupakan Utusan Khusus Presiden Republik Indonesia untuk Millenium Development Goals (MDGs), pada periode 2010?2014.

    Selain itu, Guru Besar pada Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, masih aktif memimpin sejumlah organisasi antara lain sebagai Ketua Umum Dharma Wanita Persatuan (2009-sekarang), Ketua Teknis Medis Bank Mata Indonesia (2007-sekarang), Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (2010-sekarang), Ketua Yayasan AINI (2011 - sekarang), dan Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia (2011-sekarang).

    Saat ini beliau juga duduk sebagai anggota Kolegium Oftalmologi Indonesia (2003-sekarang), board member PMNCH (The Partnership for Maternal Child and Neonatal Health)bsebuah lembaga internasional yang melaksanakan insiatif strategis Sekretaris Jenderal PBB untuk Kesehatan Ibu dan Anak, serta advisory board member dari EAT FORUM, sebuah insiatif global berfokus pada isu pangan, kesehatan, dan sustainability.

    Selain menempuh pendidikan Ilmu Spesialis Mata di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, beliau juga mengambil Pendidikan tambahan super spesialisasi di University of Amsterdam, Belanda dan Kobe University, Jepang.

  • SEKRETARIS JENDERAL

    dr. Untung Suseno Sutarjo, M.Kes

    Informasi Kontak
    Nomor Telpon : 021-5201590
    Ext. : 2001-2016

    Sebelum menduduki jabatan sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan tahun 2014, pria kelahiran Jakarta 56 tahun lalu yang meraih gelar Magister Kesehatan Masyarakat di Universitas Gajah Mada ini sebelumnya pernah menjabat sebagai Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (BPPSDM Kes) tahun 2012 dan Staf Ahli Bidang Pembiayaan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes tahun 2011. Penghargaan yang terakhir diterima: Satyalancana Karya Satya 30 Tahun.

  • INSPEKTUR JENDERAL

    Drs. Purwadi, Apt, MM, ME

    Informasi Kontak
    Nomor Telpon : 021-5201590
    Ext. : 2100

    Sebelum menjabat sebagai Inspektur Jenderal Kementerian Kesehatan, Pria kelahiran Pontianak peraih gelar Magister Management Kebijakan Publik dari Universitas Indonesia ini pernah menjabat sebagai Sekretaris Ditjen Bina Kefarmasian dan Alkes pada tahun 2011 sampai dengan februari 2015 dan Direktur Bina Obat Publik dan Perbekalan Kesehatan, Ditjen Binfar dan Alkes tahun 2008 serta Kepala Bagian Program dan Informasi Setditjen Binfar dan Alkes tahun 2006. Penghargaan yang terakhir diterima: Satyalancana Karya Satya 30 Tahun.

  • DIREKTUR JENDERAL PELAYANAN KESEHATAN

    dr. Bambang Wibowo, Sp.OG(K), MARS

    Informasi Kontak
    Nomor Telpon : 021-5201590
    Ext. : 2300

    Pria kelahiran Semarang ini sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama RSUP Dr. Kariadi Semarang sejak tahun 2010, kemudian dilantik sebagai Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan pada bulan Januari 2016. Beliau meraih gelar Spesialis Obstetri Ginekologi dari Fakultas Universitas Diponegoro Semarang dan merupakan lulusan Magister Administrasi Rumah Sakit dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia

  • DIREKTUR JENDERAL KESEHATAN MASYARAKAT

    dr. Anung Sugihantono, M.Kes

    Informasi Kontak
    Nomor Telpon : 021-5201590
    Ext. : 2201

    Pria kelahiran Temanggung 54 tahun lalu ini pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak di Kementerian Kesehatan dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah tahun 2011 serta Kepala Badan Penanaman Modal Daerah Provinsi Jawa Tengah tahun 2009. Pada Januari tahun 2016, lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro dan S2 di Universitas Gajah Mada ini ditunjuk oleh Menteri Kesehatan sebagai Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat di Kementerian Kesehatan. Penghargaan yang terakhir diterima: Satyalancana Karya Satya 30 Tahun.

  • DIREKTUR JENDERAL KEFARMASIAN DAN ALAT KESEHATAN

    Dra. Maura Linda Sitanggang, Ph.D

    Informasi Kontak
    Nomor Telpon : 021-5201590
    Ext. : 2010-2029

    Lulusan S3 School of Pharmacology University of Bath, United Kingdom Inggris mengawali karirnya sejak tahun 1985 di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), hingga pada tahun 2010 menjabat sebagai Direktur Penilaian Obat Tradisional, Suplemen Makanan dan Kosmetik BPOM. Pada tahun 2012 menjabat sebagai Dirjen Bina Kefarmasian dan Alkes Kementerian Kesehatan.Tahun 2016, perempuan kelahiran Medan 56 tahun lalu ini akhirnya menjabat sebagai Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan, Kementerian Kesehatan. Penghargaan yang terakhir diterima: Satyalancana Karya Satya 30 Tahun.

  • DIREKTUR JENDERAL PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN PENYAKIT

    dr. H.M. Subuh, MPPM

    Sebelum menjabat sebagai Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit tahun 2016, pria kelahiran Pontianak ini pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan tahun 2014 dan Direktur Pengendalian Penyakit Menular Langsung tahun 2010 serta pada tahun 2013 menjabat sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan, Ditjen PPPL. Gelar S2 Public Policy diraih dari School of Policy, Planning and Development, University of Southern California (USC), Amerika Serikat. Penghargaan yang terakhir diterima: Satyalancana Karya Satya 20 Tahun.

  • KEPALA BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN KESEHATAN

    dr. Siswanto, MPH, DTM

    Pria kelahiran Tulungagung ini merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga dan meraih gelar Magister Kesehatan Masyarakat dari University of New South Wales Australia, serta mendapatkan gelar Magister Administrasi dan Kebijakan Kesehatan dari University of Nagasaki. Sebelum menjabat sebagai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan pada tahun 2016, beliau pernah menjabat sebagai Kepala Pusat Teknologi Kesehatan Terapan dan Epidemiologi Klinik pada tahun 2011 dan Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Gizi dan Makanan pada tahun 2010. Penghargaan yang terakhir diterima: Satyalancana Karya Satya 20 Tahun.

  • KEPALA BADAN PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN SUMBER DAYA MANUSIA KESEHATAN

    drg. Usman Sumantri, M.Sc

    Sebelum diangkat sebagai Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan tahun 2014 sampai sekarang, pria kelahiran Jakarta 55 tahun lalu ini menjabat sebagai Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Kesehatan, Badan PPSDM Kesehatan. Peraih gelar S2 dari Universitas Indonesia ini pernah menjabat sebagai Kepala Pusat Pembiayaan dan Jaminan Kesehatan, Setjen tahun 2010 dan Kepala Bidang Kepesertaan Pusat Pembiayaan dan Jaminan Kesehatan, Pusat Pembiayaan dan Jaminan Kesehatan, Setjen tahun 2006. Penghargaan yang terakhir diterima: Satyalancana Karya Satya 20 Tahun.

  • STAF AHLI BIDANG TEKNOLOGI KESEHATAN DAN GLOBALISASI

    dr. Slamet, MHP

    Pria kelahiran Ambal-Kebumen ini merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada dan meraih gelar Master of Public Management di UNSW Australia. Beliau pernah menjabat sebagai Kepala Biro Perencanaan dan Anggaran dari tahun 2014-2016, Direktur RSUD Kab. Bengkulu Utara, Kepala KKP Surabaya, Kepala KKP Makasar, dan Direktur Pengendalian Penyakit Menular Langsung. Beliau dilantik menjadi Staf Ahli Bidang Teknologi Kesehatan dan Globalisasi pada tanggal 9 September 2016.

    Informasi Kontak
    Nomor Telpon : 021-5223807
    Ext. : 2025
  • STAF AHLI BIDANG PEMBIAYAAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

  • STAF AHLI BIDANG PENINGKATAN KAPASITAS KELEMBAGAAN DAN DESENTRALISASI

  • STAF AHLI BIDANG HUKUM KESEHATAN

    Barlian SH, M.Kes

    Pria kelahiran Pangkalniur ini, sebelum diangkat menjadi Staf Ahli Bidang Hukum pada tahun 2017, pernah menjabat sebagai Kepala Biro Hukum dan Organisasi Setjen Kemkes Tahun 2015. Beliau pernah menjabat sebagai Kepala Bagian Program dan Informasi di Sekretariat Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan pada tahun 2013. Peraih gelar S2 Kesehatan Lingkungan ini juga pernah menjabat sebagai Kepala Bagian Hukum, Organisasi dan Hubungan Masyarakat pada tahun 2011 di Sekretariat Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan.

  • STAF AHLI BIDANG DESENTRALISASI KESEHATAN

    dr. Pattiselanno Roberth Johan, MARS

    Pria kelahiran Haruku, Ambon ini pernah menjabat sebagai Kepala Biro Kepegawaian Setjen Kemkes tahun 2011, Sekretaris Konsil Kedokteran Indonesia Setjen tahun 2010 serta Kepala Bidang Pengembangan Kurikulum Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan Badan PPSDM Kesehatan tahun 2006. Sebelum dilantik menjadi Staf Ahli Bidang Desentralisasi Kesehatan pada tanggal 9 September 2016, peraih gelar Magister Administrasi Rumah Sakit dari Universitas Indonesia ini menjabat sebagai Kepala Pusat Data dan Informasi.

    Informasi Kontak
    Nomor Telpon : 021-5201590
    Ext. : 2012,2024

  • STAF AHLI BIDANG EKONOMI KESEHATAN

    dr. Donald Pardede, MPPM

    Sebelum menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Ekonomi Kesehatan, beliau merupakan Kepala Pusat Pembiayaan dan Jaminan Kesehatan (P2JK) pada tahun 2014-2016, dan Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Kesehatan, Badan PPPSDM Kesehatan tahun 2012. Pria kelahiran Medan ini merupakan lulusan Southern California University, Amerika Serikat.